Inilah Cara Buka Usaha Fotocopy di Dekat Universitas yang Menguntungkan

usaha fotocopy

Lokasi sangat menentukan hasil dari sebuah usaha, terlebih usaha tersebut berupa fotocopy. Idealnya, usaha fotocopy memiliki lokasi yang berada dekat dengan kantor-kantor, sekolah ataupun universitas.

Meskipun telah memiliki lokasi strategis, misalnya dekat dengan Universitas, bagi anda yang ingin terjun ke bisnis ini perlu mengetahui tips dan trik cara buka usaha fotocopy di dekat universitas. Silahkan baca sampai selesai artikel yang telah kami tulis untuk anda semua.

Mahasiswa memang sangat membutuhkan jasa fotocopy, sehingga membuka usaha fotocopy dekat universitas menjadi modal utama yang wajib dipenuhi. Agar usaha yang ingin dijalankan lancar dan barokah, tentunya hal pertama yang perlu anda lakukan untuk membuka jasa fotocopy adalah mendapatkan lokasi berada dekat kampus besar seperti universitas lampung, universitas diponegoro, universitas gajah mada, universitas ipb, dan lainnya yang ada didaerah anda.

Cara buka usaha fotocopy di dekat universitas cukup mudah. Setelah mendapatkan lokasi yang strategis, anda perlu mengunggulkan kualitas. Kenapa? Karena kualitas merupakan faktor penting untuk sukses dalam membuka usaha fotocopy. Jika anda tidak memiliki kualitas yang bagus atau kalah saing dengan competitor yang ada, lokasi yang strategis seperti apa akan tetap kalah. Artinya, jika pelanggan kecewa dengan kualitas hasil fotocopy di tempat anda, maka pelanggan akan perlahan-lahan pindah ke tempat lain.

Kualitas fotocopy yang bagus adalah hasil fotocopy tidak buram, melainkan jernih tanpa noda sedikitpun. Untuk memiliki kualitas bagus, anda perlu berkonsultasi dengan teknisi mesin fotocopy di tempat anda membeli mesin tersebut.

Belajarlah tentang banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas hasil fotocopy, seperti bagaimana cara agar hasil fotocopy terus baik dan tidak buram, bagaimana cara mengisi tinta yang baik dan benar, bagaimana cara mengganti drum dan bagaimana cara menjaga kebersihan mesin fotocopy agar tetap awet.

Selain itu, anda juga perlu belajar bagaimana cara menjilid hasil fotocopy yang rapi, kuat dan cepat. Dalam hal ini, anda perlu menguasai jenis-jenis penjilidan dan jenis-jenis lem yang digunakan untuk menjilid.

Agar laku keras usaha fotocopy di dekat universitas dan menguntungkan adalah anda jangan sekali-kali menyepelekan kemampuan dan kualitas laminating serta cara memotong kertas. Kenapa? Karena biasanya jasa fotocopy juga akan merangkap menjadi jasa penjilidan dan juga laminating. Belajarlah bagaimana cara dan teknik laminating agar hasil menjadi rapi.

Harapannya tentu saja membuka usaha jasa fotocopy akan mendapatkan untung yang banyak. Jika itu adalah tujuan anda, maka selain pelayanan yang berhubungan dengan fotocopy, penjilidan dan laminating, lengkapi tempat usaha anda dengan menyediakan perlengkapan kantor, seperti alat tulis kantor lengkap, mulai dari alat tulis, materai, map, amplop dan lain sebagainya.

Tatalah perlengkapan dan alat tulis kantor tersebut di dalam etalase yang dijajar rapi, lengkap dengan daftar harga yang jelas. Kenapa harus dibuat daftar harga barang-barang dengan jelas? Karena agar dapat memudahkan pelanggan atau mahasiswa dalam membandingkan harga dan juga dapat membeli ATK yang mereka inginkan.

Dalam hal ini, tentu perlu cerdas dalam memberikan harga tiap-tiap barang yang dijual di tempat A\anda. Karena harga yang anda tawarkan menentukan laba yang didapat dan juga kepercayaan pelanggan.

Modal usaha membuka usaha fotocopy tidaklah banyak. Sekitar Rp50 juta, tergantung tipe mesin fotocopy yang ingin dibeli, semakin bagus mesin maka harga semakin mahal. Jika anda bisa mendapatkan barang-barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, maka modal yang anda butuhkan menjadi lebih kecil. Selain sewa lokasi di dekat universitas, modal itu juga digunakan untuk membeli alat laminating, pemotong kertas, printer foto, etalase kaca, meja kursi, komputer dan ATK untuk dijual.

Rincian Modal Investasi untuk Membuka Usaha Fotocopy :

  • 1 Unit Mesin Fotocopy Rp20.000.000 (tergantung merek dan tipe)
  • 1 Unit Mesin Laminating Rp1.000.000
  • 2 Etalase Rp1.500.000 (sesuai kebutuhan ruangan)
  • Neon Box Rp600.000
  • Paket Komputer Rp5.000.000
  • Kursi dan Meja Rp1.000.000
  • Pemotong Kertas Rp500.000
  • Printer Epson Rp1.000.000
  • Perlengkapan ATK Rp3.000.000
  • Sewa Tempat : Rp15.000.000
  • Total : Rp50.000.000

Rincian diatas baru perkiraan saja, disetiap tempat tentu akan berbeda dan menyesuaikan kebutuhan. Maka dari itu, anda bisa survey terlebih dahulu berapa total kebutuhan modal yang diperlukan untuk membuka usaha fotocopy, dan apakah cukup menggunakan mesin second atau perlu beli yang baru, melihat harga mesin fotocopy cukup tinggi.

Setelah anda mendapatkan nilai investasi yang harus dipersiapkan, selanjutnya anda perlu menghitung biaya operasional seperti gaji pegawai, biaya listrik, biaya internet, dan berbagai kebutuhan operasional lainnya.

Perhitungan hasil laba usaha fotocopy antara satu tempat dan lainnya mungkin akan berbeda, tergantung modal awal yang alokasikan. Meskipun demikian, usaha semacam ini tetap menggiurkan karena memang termasuk tipe kebutuhan. Apalagi jika lokasi yang dipilih dekat dengan universitas.

Misalnya total modal awal anda Rp 50.000.000, sementara profit kotor per bulan Rp.8.000.000 dikurangi biaya operasional maka akan menghasilkan profit atau keuntungan sebesar Rp 5.000.000. Sementara itu dengan hasil profit bersih sekitar 5 jutaan, maka kemungkinan akan balik modal selama 10 bulan. Setelah bulan ke-11, anda tinggal menikmati hasilnya dan selanjutnya anda cukup memikirkan biaya sewa tempatnya saja karena untuk mesin dan lainnya sudah balik modal.

Nah, ini sangat penting untuk diketahui bahwa pemilihan tipe mesin fotocopy juga dapat mempengaruhi hasil, sehingga anda perlu memilih merek mesin fotocopy yang berkualitas. Sebaliknya, jangan menggunakan merek mesin fotocopy yang jarang digunakan untuk usaha. Biaya yang dikeluarkan untuk operasional fotocopy juga sangat ringan, yaitu kurang dari 3 juta. Apalagi jika anda pintar manajemen dalam berhemat untuk mengoperasikan fotocopy tersebut.

Pada dasarnya modal dan biaya yang dikeluarkan akan mendapatkan keuntungan yang sepadan. Apalagi jika lokasi tempat usaha buka fotocopy anda dekat dengan universitas ternama yang pasti ramai dan membutuhkan jasa fotocopy. Selain modal dan biaya tersebut, anda juga perlu memperhatikan kualitas hasil dan kualitas layanan.

Itulah beberapa tips dan cara buka usaha fotocopy di dekat universitas untuk pemula yang bisa anda coba terapkan untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Banyaknya pelanggan yang puas dengan pelayanan dan kualitas hasil fotocopy anda akan berbanding lurus dengan omset yang akan anda raih nantinya. Jadi selain lokasi yang strategis, pastikan anda memiliki kualitas yang mumpuni, ditambah dengan pelayanan spesial yang membuat pelanggan nyaman dan kembali lagi menggunakan jasa fotocopy di tempat Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.